Senin, 26 September 2011

Sejarah Universitas Gunadarma


                           Jumat, 7 agustus 1981, mereka membuka pendidikan komputer dengan nama PPIK (pendidikan ilmu komputer) yang menampung 91 mahasiswa. Dan pada hari senin tanggal 10 agustus 1981, kuliah pertama pun dimulai.  Kuliah ini pun berkembang sehiingga menuntut suatu wadah yang lebih mantap.  Melalui asuhan  yayasan penegembangan sistem analisis dan operation research matematika (SAOR Matematika), wadah pendidikan itu berubah menjadi Akademi Sains dan Komputer Indonesia (ASKI).  Sejak itu meluncurlah suatu kegiatan untuk membangkitkan standar baru didalam pendidikan.  Kegiatan itu berbentuk pendidikan ilmu komputer dan matematika.
                          Pendidikan komputer dan matematika inipun kemudian dimantapkan lagi kedalam wadah yang lebih tinggi yang lebih tinggi yakni wadah yang membentuk akademi ke wadah yang berbentuk sekolah tinggi.  Pada ari kamis, 21 Juni 1984, nnama Gunadarma dipilih untuk menjadikan nama dari sekolah tinggi itu.  Pada hari senin, 9 Juli 1984, yayasan pengembangan sistem analisis dan operation research matematika diganti menjadi yayasan Gunadarma.  Sehari kemudian, pada hari selasa, 10 Juli 1984, melalui surat keputusan yayasan pendidikan Gunadarma, secara resmi nama Gunadarma dikukuhkan ke dalam sekolah tinggi itu menjadi sekolah tinggi komputer Gunadarma (STKG).  Bersama itu, sejak dari tanggal 7 Agustus 1981 melewati tonggak tanggal 21 Juni 1984,, tanggal 9Juli 1994, serta tanggal 10 Juli 1994, satu kurun sejarah telah mengantar pendidikan komputer pada sekolah tinggi komputer Gunadarma ke kurun sejarah berikutnya.
                          Pemantapan ini kemudian dikukuhkan lagi melalui keputusan yang dirintis oleh koordinator perguruan tinggi swasta (KOPERTIS) wilayah III.  Pada hari selasa, tanggal 14 Agustus 1984, kopertis III memberikan izin operasional kepada STKG.  Untuk membangkitkan semangat belajar yang lebih tinggi dikalangan mahasiswa, pada hari jumat, tanggal 28 September 1984, diselengggarakan oleh Gunadarma upacara wisuda pertama setara sarjana muda, untuk diulangi lagi pada hari Selasa, tanggal 24 September 1985, dan pada hari jumat, tanggal 26 september 1986.  Sampai disini, kita melihat STKG berkembang diberbagai dimensi serta bersama itu, kita melihat perkembangan itu dari dimensi ke dimensi.
                          Dimensi pertama adalah dimensi program pendidikan.  Pada dimensi ini STKG mulai memperoleh kemajuan yang cukup pesat.  Pada hari sabtu, tanggal 5 Oktober 1985, melalui keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan No. 0424/0/1985, sekolah tinggi ini dinyatakan berstatus terdaftar dengan nama baru sekolah tinggi manajemen informatika dan komputer                                       Gunadarma (STMIK Gunadarma).  Bersamaan dengan itu, STKG berubah menjadi STMIK Gunadarma secara lebih rinci lagi, didalam statuss terdaftarnya itu, Gunadarma dapat mengasuh dua jenjang pendidikan yakni jenjang pendidikan tinggi strata satu (S1) serta jenjang pendidikan tinggi strata nol (S0) dalam bentuk diploma tiga (D3).
                          Bersama status itu, sekolah tinggi ini mengasuh dua jurusan yakni jurusan manajemen informatika (MI) dan jurusan tehnik komputer (TK).  Setiap jurusan memiliki satu program studi yang memiliki nama program yang sama dengan jurusannya itu.  Demikianlah pada manajemen informatika untuk jenjang S1 dan D3.  Dan sebagai pemantapan lebih lanjut, pada hari selasa, tanggal 29 Juli 1986, STMIK Gunadarmma memperoleh status baru dari yayasan pendidikan Gunadarma.
                          Pada hari selasa, tanggal 13 Januari 1987, untuk pertama kali STMIK Gunadarma menyelenggarakan sidang sarjana yang diikuti oleh tiga mahasiswa.  Sidang ujian untuk tiga mahasiswa berikutnya diselenggarakan pada hari jumat, tanggal 16 Januari 1987 dan sidang ujian ketiga yang diikuti oleh empat mahasiswa diselenggarakan pada hari Rabu, tanggal 21 Januari 1987.  Kalau pada tahun 1984, 1985, dan 1986,  perguruaan tinggi ini hanya dapat menyelenggarakan wisuda setara sarjana muda, maka pada tahun 1987 ini, STMIK Gunadarma telah mampu menyelenggarakan wisuda ssesungguhnya.  Demikianlah pada hari sabtu, tanggal 24 Januari 1987, STMIK Gunadarma menyelenggarakan wisuda sarjana yang pertama.   Sidang ujian sarjana ini pun terus berlangsung hingga pada bulan september  1994, STMIK Gunadarma telah melampaui sidangnya yang ke-150.
                          Kemajuan didimensi program ini tidak hanya sampai diisitu.  Pada tanggal 4 Januari 1988, melalui surat keputusan Menteri pendidikan dan kebudayaan No. 006/O/1988, status terdaftar STMIK Gunadarma program studi manajemen informatika dan program studi tehnik komputer dinaikan menjadi status diakui. Dan sekali lagi pada hari sabtu taanggal 12 Agustus 1989 melalui surat keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan No.0490/O/1989, status kedua program studi itu dinaikan lagi  menjadi status disamakan.
                          Pengembangan program pendidkan terus berlanjut sehingga pada hari selasa  tanggal 4 Juli 1989,, STMIK Gunadarma membuka lagi jurusan baru yakni jurusan tehnik informatika (TI), pada hari kamis, tanggal 7 September 1989, jurusan dan program studi baru ini memperoleh status terdaftar. Slanjutnya status diakui dicapai program studi tehnik inforrmatika pada hari rabu, tanggal 19 Juni 1991, serta status disamakan diperoleh pada hari kamis, tangal 20 Febuari 1992, dan bersamaan dengan itu semua program studi ddi STMIK Gunadarma telah mencapai status disamakan.
                          Penegmbangan program pendidikan terus berlangsung. Selain program pendidikan jenjang D3 dan S1, perguruan tinggi ini juga melangkah maju ke program pendidikan tinggi strata dua (S2) yang dikenal program pendidikan magister.  Pada hari senin, tanggal 10 Mei 1993, STMIK Gunadarma dilengkapi lagi dengan program pasca sarjana strata dua bidang manajemen sisstem informasi.
                          Disamping bidang manajemen informatika, tehnik komputer, dan tehnik informatika Gunadarma juga melangkah ke bidang lain.  Pada hari sabtu tanggal, 13 Januari  1990 Gunadarma mendirikan sekolah tinggi ilmu ekonomi Gunadarma atau dikenal dengan STIE Gunadarma. Didalam STIE Gunadarma terdapat dua jurusan yakni jurusan manajemen dan akuntansi.  Jurusan akuntansi hanya mengasuh satu program studi, yakni program studi akuntansi, maka jurusan manajemen mengasuh lima program studi, yakni program studi manajemen keuangan dan  perbangkan, pemasaran, produksi, tranportasi, dan manajemen koperasi. STIE Gunadarma memperoleh status terdaftar pada hari kamis tanggal 16 Juni 1990 serta mulai berkuliah pada hari senin tanggal 17 September 1990.
                          Sejalan dengan STMIK status STIE juga mengalami kemajuan yang pesat.  Dari status terdaftar memperoleh status diakui dan kemudian status disamakan.  Sampai pada bulan September 1994, STIE telah menjalankan tiga kali wisuda.  Sselanjutnya, bersamaan waktu dengan pembukaan program pendidikan tinggi strata dua bidang manajemen sistem informasi pada STMIK, STIE juga membuka program pendidikan tinggi strata dua bidang manajemen asuransi.
                          Pendidikan juga mengalami kemajuan.  Kalau pada saat awal lokasi pendidikan hanya  terdapat dikampus jalan kenari, maka pada waktu kemudian lokasi itu bertambah dengan kampus eramat sentiong dan kampus salemba.   Dari tahun ketiga kampus itu menampung jumlah mahasiswa yang teruss bertambah.  Sekalipun ruang dikampus kenari terus diperluas namun pada akhirnya perluasan kampus inipun tidak dapat menampung pertambahan mahasiswa  yang demikian besar.
                          Demikianlah pada hari sabtu , tanggal 9 Maret 1985 Gnadarma mengadakan upacara peletakan batu pertama dikampus pondok cina depok, dan pada hari senin tanggal 5 Januari 1987 dengan suatu upacara gedung pertama dikampus pondok cina diresmikan penggunanya.  Sejak itu gedung dikampuss pondok cina bertambah. Mula-mula batu pertama untuk gedung kedua ddiletakan pada  hari sabtu, tanggal 13 Januari 1989. Setelah itu gedung ketiga pun dibangun dan dipakai.  Ruang didalam ketiga gedung ini masih belum mencukupi sehingga masih belum dilengkapi dengan ssejulah gedung sementara disekitarnya.
                          Selain pondok cina prasarana kampus dipersiapkan juga dibeji.  Namun karena akses ke daerah kampus belum memadai, maka kampus beji belum juga diwujudkan.  Sebaliknya kampus ditengah kota jakarta terus bertambah.  Setelah mengembalikan kampus salemba yang masa sewanyaa telah usai, maka pada hari kamis, tanggal 8 Febuari 1989 Gunadarma menambah kampus baru dijalan raya salemba No.53.  kampus ini pun dikenal sebagai kampus salemba, dan mulai digunakan pada bulan Mei 1990.  Ini berarti disamping kampus beji yang belum terwujud, Gunadarma telah memiliki beberapa kampus yaitu kampus kenari, kramat  sentiong, pondok cina., dan salemba.
                          Sejak tanggal 17 November 1997, berdasrkan suatu evaluasi  badan evaluasi nasional (BAN) menyatakan 5 program studi pada strata satu sebagai terakreditasi.  Dan pada bulan Agustus 1998 kelima program studi pada strata satu itu yakni akuntansi, manajemen,  manajemen informatika, tehnik komputer, dan tehnik informatika, memperoleh peringkat A pada akreditasi BAN.  Dari kegiatan awal dibdang komputer kini Gunadarma telah mengasuh berbagai bidang ilmu dan berbagai jenjang pendidikan.
                          Pada saat Gunadarma mmencapai usia 19 tahun, tibalah Gunadarma diujung abad ke-20.  Gunadarma masih sempat mengembangkan bidang akademiknya.  Mulai tanggal , 25 September tahun 2000, untuk pertama kalinya.  Gunadarma membuka program strata tiga atau program doktor dibidang ilmu ekonomi.  Demikianlah dengan program pendidikan diploma 3 (D3), jenjang pendidikan sarjan (S1), jenjang pendidikan magister (S2), jejang pendidikan doktor (S3), 41 laboratorium beserta sekitar 13.000 alumni jenjang D3, 19.000 lebih alumni jenjang S1, dan 400 lebih alumni jenjang S2, Gunadarma meninggalkan abad ke-20 dan milenium ke-2.
                          Pada tahun 2001, Gunadarma memasuki abad ke-21 dan milenium ke-3 dengan 26.000 lebihmahasiswa yang diasuh oleh 1.100 lebih tenaga pengajar.  Diawal abad baru ini, Gunadarma merayakan ulang tahun ke-20 dan meneruskan misi pendidikannya sambil terus berusaha meningkatkan mutunya.  Kkesempatan pengembangan pertama diawal abad baru ini terjadi pada tahun 2003.  Sejak tahun 2003, bekerja sama dengan Universite de Bourgogne dari kota Dijon, Perancis, Gunadarmma membuka lagi program pendidikan jenjang S3 dibidang Teknologi informasi/ilmu komputer.  Pengembangan berikutnya terjadi pada tahun 2004 ketika gunadarma mulai meluluskan doktor dibidang ilmu ekonomi.
                          Perkembangan berikutnya terjadi pada  awal tahun 2006.  Pada tahun itu Gunadarma mulai meluluskan doktor dibidang teknologi informasi/ilmu komputer  setelah berikutnya mereka menempuh ujian tertutup di Dijon, Perancis, pada bulan September 2005.  Gunadarma yang dimulai dari bentuk sekolah tinggi dan menanjak menjadi universitas, kini sampai ke taraf universitas penuh dengan mmeluluskan peserta didik dari jenjang diploma, sarjana, magister, dan doktor.

Arti dan Lambang Universitas  Gunadarma
Tangkai Obor Berdiri Tegak
Melambangkan keteuhan hati untuk menyumbangkan dharma bakti kepada nusa dan bangsa

Cawan Obor yang Melebar dan Cekung
Adalah wadah dari ilmu pengetahuan yang luas dan mendalam

Kobaran Api yang Kuning Keemasan
Menunjukan semangat yang tak pernah padam dalam menuntut ilmu dan menyumbangkannya kepada masyarakat

Bentuk Lingkaran yang Berwarna Ungu
Adalah suatu bentuk geometris yang memberi ciri pada ilmu pengetahuan yang ditekuni dan dikembangkan

Bingkai Segi Lima
Menyatakan bahwa Universitas Gunadarma berazaskan Pancasila


Visi, Misi dan Tujuan Universitas Gunadarma
Visi
“Menjadi Universitas berbasis Teknologi Informasi yang terkemukan di Indonesia”

Misi
“Memberi kontribusi dalam pembanguna ekonomi yang berkesinambungan dan meningkatkan kemakmuran masyarakat, menyumbang pendidikan yang bermutu tinggi pada masyarakat sebagai sarana untuk mmenghasilkan lulusan yang berkkualitas, profesional, kompeten dan sesuai dengan kebutuhan bangsa untuk saat ini dan yang akan datang, memainkan peranan penting dalam ilmu yang berbasis teknologi informasi dan pengembangan teknologi, memenuhi kebutuhan masyarakat melalui pengenalan, pengalihan dan penyebrangan ilmu pengetahuan yang relevan untuk mencapai kualitas standar nasional dan internasional perguruan tinggi dengan berfokus pada  integritas teknologi informasi dalam setiap aspek kehidupan manusia.”

Tujuan
“Menjadi program studi yang ada sebagai program pendidikan unggulan masa depan yang berbasiskan teknologi informasi dan mampu menghasilkan kualitas sumber manusia yang relevan dengan tuntutan kebutuhan pembangunan bangsa dan negara.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar