Senin, 03 Oktober 2011

Tugas Akuntansi Keuangan Menengah 1A


1. Pengertian Uang Kertas
Uang kertas adalah uang yang terbuat dari kertas dengan gambar dan cap tertentu dan merupakan alat pembayaran yang sah. Menurut penjelasan UU No. 23 tahun 1999 tentang Bank Indonesia.
2. Pengertian Uang Logam
Uang logam adalah uang yang terbuat dari logam; biasanya dari emas atau perak karena kedua logam itu memiliki nilai yang cenderung tinggi dan stabil, bentuknya mudah dikenali, sifatnya yang tidak mudah hancur, tahan lama, dan dapat dibagi menjadi satuan yang lebih kecil tanpa mengurangi nilai.
3. Pengertian Cek yang Belum Dibayar
yang masih beredar (outstanding check), yaitu cek yang sudah dibuat dan diserahkan oleh perusahaan kepada penerima tetapi sampai akhir periode cek tersebut belum diuangkan di bank. Akibatnya perusahaan telah mencatat pengeluaran tetapi bank belum.
Kas dan bank meliputi uang tunai dan simpanan-simpanan di bank yang langsung dapat diuangkan pada setiap saat tanpa mengurangi nilai simpanan tersebut. Kas dapat terdiri dari kas kecil atau dana-dana kas lainnya seperti penerimaan uang tunai dan cek-cek (yang bukan mundur) untuk disetor ke bank keesokan harinya.
4. Simpanan dalam Bentuk Giro
simpanan yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan cek, bilyet giro, sarana perintah pembayaran lainnya, atau dengan pemindahbukuan (giro; checking accounts).
5. Travellers Checks
Merupakan alat pembayaran wisatawan untuk membiayai pengeluaran-pengeluaran dinegara-negara lain. atau disebut juga surat wesel yang ditark oleh sebuah bank yang memerintahkan dirinya sendiri untuk membayar sejumlah uang atas tunjuk kepada orang yang namanya dicantumkan dalam travellers checks tersebut.
6. Cahsiers Checks
Sebuah cek kasir (kasir cek, cek bank, cek resmi, demand draft, cek kasir, bankdraft atau cek bendahara) adalah pemeriksaan dijamin oleh bank. Merekadiperlakukan sebagai dana dijamin dan biasanya dibersihkan pada hari berikutnya. Ini adalah hak pelanggan untuk meminta “hari berikutnya ketersediaan”ketika menyerahkan cek kasir secara pribadi.
7. Bank Draft
Bank Draft adalah surat berharga yang berisi perintah tak bersyarat dari bank penerbit draft tersebut kepada pihak lainnya untuk membayar sejumlah uang kepada seseorang yang ditunjukan pada waktu yang telah ditentukan.
8. Money Order
Money Order adalah perintah pembayaran untuk jumlah pra-ditentukan uang.Karena itu diperlukan bahwa dana akan prabayar untuk jumlah yang ditampilkan di atasnya, itu adalah metode yang lebih dipercaya pembayaran dari cek pribadi.
Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar